Analisis Lifestyle-Exposure Theory pada Korban Penipuan Transaksi Jual-Beli di Platform E-commerce X

Authors

  • Idham Setiawan Universitas Budi Luhur
  • Muhammad Zaky Universitas Budi Luhur

Keywords:

Lifestyle-Exposure, Penipuan, Korban, E-commerce, Transaksi Jual-Beli

Abstract

Penelitian ini membahas suatu kasus terkait korban penipuan pada transaksi jual-beli di e-commerce yang dianalisa menggunakan Teori Lifestyle-Exposure. Teori Lifestyle-Exposure menyatakan bahwa seorang individu menjadi korban kejahatan diakibatkan oleh gaya hidupnya sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada tindak penipuan di platform X sebagai lingkup penelitiannya. Data yang diperoleh berasal dari empat orang narasumber, tiga diantaranya merupakan korban, beserta satu orang lainnya merupakan pihak kepolisian. Dalam Teori Lifestyle-Exposure, munculnya korban dalam kejahatan diakibatkan oleh faktor yang mendorong seseorang untuk menjalani gaya hidup konsumtif sehingga menyebabkan dirinya mengalami keterpaparan terhadap tindak penipuan pada transaksi jual-beli di e-commerce. Faktor-faktor ini adalah faktor gaya hidup, faktor harga, faktor kebutuhan dan faktor kesadaran diri. Selain itu, terdapat aspek dalam sudut pandang Teori Lifestyle-Exposure yang melatarbelakangi terjadinya penipuan tersebut, seperti demografis, kendala struktural, dan ekspektasi peran. Hasil dari aspek-aspek tersebut menghasilkan sebuah adaptasi baru yang membuat seorang individu rentan menjadi korban penipuan pada transaksi jual-beli di e-commerce.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles