EDUKASI DAMPAK BULLYING TERHADAP REMAJA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA X KEBAYORAN LAMA
Keywords:
bully, remaja berkebutuhan khusus, bersosialisasi, harga diriAbstract
Bullying adalah tindakan bermusuhan yang dilakukan secara sadar serta disengaja yang mempunyai tujuan untuk menyakiti, seperti menakuti melalui ancaman dan menimbulkan teror termasuk juga tindakan yang direncakan maupun tindakan yang spontan dilakukan, bersifat nyata atau hampir tidak terlihat. Bullying berdampak sangat buruk pada proses perkembangan masa muda korban untuk menerima kondisi fisik korban. Ketika remaja berkebutuhan khusus menjadi korban mereka akan membenci diri mereka sendiri, menutup diri dari orang lain, dan memiliki rasa takut untuk bersosialisasi. Dalam hal penyakit fisik yang sehingga membuat remaja merasakan kesedihan, kemarahan, dan merasa harga dirinya rendah. Tujuan dari Social Project ini adalah untuk menilai efek atau konsekuensi dari aksi bullying terhadap remaja berkebutuhan khusus. Social Project ini menggunakan teori control merujuk kepada setiap perspektif yang membahas ihwal pengendalian tingkah laku manusia, pengertian teori kontrol sosial atau social control theory merujuk kepada pembahasan delinkuensi dan kejahatan yang dikaitkan dengan variabel-variabel yang bersifat sosiologis; antara lain struktur keluarga, pendidikan dan kelompok dominan. Kegiatan social project terkait bullying di sekolah dapat mencapai hasil yang positif antara lain, membantu meningkatkan kesadaran siswa, guru, dan orang tua tentang bullying.